Must SEE

Minggu, 25 Desember 2011

Gelandang Pembagi Bola

Dalam sepakbola modern, banyak segmentasi dalam posisi pemain. Pemain depan, pemain tengah, pemain belakang, dan kiper pun punya segmentasi dimana memiliki peran atau skill tertentu.
Segmentasi posisi pemain yang dibahas adalah gelandang pembagi bola. Peran dari gelandang ini adalah pengatur serangan, pemberi umpan, dan juga penghubung antara lini depan dengan lini belakang.
Sekilas perannya sama dengan deep lying playmaker dan sedikit mirip dengan playmaker tetapi gelandang pembagi bola lebih mengarah sebagai penstabil permainan dan jarang mencetak gol.
Penempatan posisi gelandang pembagi bola biasanya di tengah dan juga bisa di belakang striker.
Skill utama dari seorang gelandang pembagi bola adalah kemampuan passing yang akurat, punya visi yang bagus dan bisa bekerjasama dengan tim.
Berikut pemain – pemain yang berperan sebagai gelandang pembagi bola.
1.       Xavi Hernandez
Ia adalah salah satu elemen penting dari permainan tim Barcelona dan juga timnas Spanyol. Dengan duetnya bersama Andreas Iniesta, menampilkan permainan yang aktraktif dengan passing sentuhan satu dua yang sulit diantisipasi lawan dan memenangkan berbagai gelar bersama Barcelona dan meraih dua gelar (Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010) bersama timnas Spanyol.  Seiring dengan usia Xavi yang tidak muda, Barcelona sudah menyiapkan penerusnya yaitu Cesc Fabregas yang didatangkan dari Arsenal dan Thiago Alcantara dari akademi La Masia( Barcelona).
Xavi Hernandez 

2.       Mesut Ozil
Kunci dari kestabilan permainan timnas Jerman dan Real Madrid.   Berkat Ozil juga, Cristiano Ronaldo bisa mencetak gol melalui umpannya.

Mesut Ozil
 
3.       Jack Wilshere
Missing puzzle yang melengkapi skuad arsenal setelah melepas Fabregas dan Samir Nasri. Bersama Aaron  Ramsey, diharapkan bisa mengisi lubang yang ditinggalkan mereka berdua.
Jack Wilshere
 
4.       Tom Cleverley
Salah satu pengisi lubang yang ditinggalkan Paul Scholes yang pensiun tahun ini .  Berkat permainan apiknya, Anderson dan Darren Gibson terus menjadi penghangat bangku cadangan Manchester United.
Tom Cleverley ( Baju Merah)

5.       Gareth Barry
Kunci solid permainan Manchester City dari lini tengah. Bersama Yaya Toure, permainanThe Citizen sangat  stabil sehingga sukses mengalahkan MU 6 - 1 dan Manchester City   memuncaki klasemen Liga Inggris.

Gareth Barry ( Baju Putih)

Bagaimana? inilah Gelandang Pembagi bola yang bagus menurutku. Teman - teman, apa ada pilihan gelandang pembagi bola versi teman - teman?

Sekian dari ulasannya. jika ada tambahan atau kritik, silahkan isi komentar teman - teman di sini. Saya dengan senang hati dengan menerimanya. Terima kasih dan tetap semangat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar