Must SEE

Rabu, 05 Oktober 2011

Overload Relay

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo semua,
Setelah berlama - lama dalam persembunyian dan relax sebentar, sekarang kali ini saya membahas OverLoad Relay (OLR) atau  Thermal Overload Relay (TOR).

Dalam instalasi motor listrik, dibutuhkan pengaman terhadap beban lebih dengan tujuan untuk menjaga dan melindungi motor listrik dari kerusakan yang fatal akibat gangguan beban lebih. Thermal Overload Relay (TOR) atau  OverLoad Relay (OLR) adalah salah satu pengaman motor listrik dari arus yang berlebihan. Bila Arus yang melewati motor listrik terlalu besar maka akan merusak beban, oleh sebab itu OLR akan memutuskan rangkaian apabila ada arus listrik yang melebihi batas beban.

OLR dihubungkan dengan kontaktor pada kontak utama 2, 4, 6 sebelum ke beban (motor listrik). Kegunaannya untuk mengamankan motor listrik atau memberi perlindungan kepada motor listrik dari kerusakan akibat beban lebih. Beberapa penyebab terjadinya beban lebih antara lain:
1) Terlalu besarnya beban mekanik dari motor listrik
2) Arus start yang tertalu besar atau motor listrik berhenti secara mendadak
3) Terjadinya hubung singkat
4) Terbukanya salah satu fasa dari motor listrik 3 fasa.
Arus yang terlalu besar yang timbul pada beban motor listrik akan mengalir pada belitan motor listrik yang dapat menyebabkan kerusakan dan terbakarnya belitan motor listrik. Untuk menghindari hal itu dipasang OLR pada alat pengontrol. Prinsip kerjanya lebih berdasarkan panas (temperatur) yang ditimbulkan oleh arus yang mengalir melalui elemen-elemen pemanas bimetal. Dan sifatnya pelengkungan bimetal akibat panas yang ditimbulkan, bimetal akan menggerakkan kontak-kontak mekanis pemutus rangkaian listrik (Kontak 95-96 membuka) 

OLR bekerja berdasarkan prinsip pemuaian dan benda bimetal.Apabila benda terkena arus yang tinggi, maka benda akan memuai sehingga akan melengkung dan memutuskan arus.

Arus yang berlebihan akan menimbulkan panas, sehingga dapat membengkokkan benda bimetal. Berikut ini adalah salah satu skema OLR

Untuk mengatur besarnya arus maksimum yang dapat melewati TOR, dapat diatur dengan memutar penentu arus dengan menggunakan obeng sampai didapat harga yang diinginkan.

Sekian dari bahasan kali ini, jika ada tambahan, pasti akan dimasukkan. Apabila ada tambahan dan komentar dari pembaca, sangat diharapkan demi menyempurnakan tulisan ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

KEEP SPIRIT & HEALTH.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar